Harga Sembako Diklaim Turun, tapi Rantai Distribusi Masih Rawan

Harga Sembako Hari ini – Inflasi Juni 2017 atau selesai Lebaran relatif teratasi. Yaitu 0, 98 %. Tetapi, resiko lonjakan harga masih tetap berpeluang berlangsung. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, serta UMKM Kalimantan timur Fuad Asaddin menyebutkan, semua usaha pemerintah daerah serta lembaga berkaitan dalam “menjaga” inflasi juga akan dievaluasi. “Dalam saat dekat pelajari itu juga akan dikerjakan. Apabila cukup efisien, juga akan dikerjakan kembali untuk melindungi stabilitas harga pada peristiwa spesifik. Contoh pada Iduladha serta Natal, ” tuturnya pada Kalimantan timur Post, Selasa (4/7).

Diterangkan Fuad, Kalimantan timur hingga sekarang ini masih tetap memercayakan supply keperluan pokok dari luar daerah. Terlebih datang dari Pulau Jawa serta Sulawesi Selatan. Hal itu membuat rantai distribusi butuh dipelototi. Sebab, potensi kecurangan besar berlangsung dalam jalur distribusi. Sekarang ini, ada ketentuan ketat mengikat distributor bahan pangan. Kepolisian bahkan juga turut segera turun tangan. Apabila diketemukan tanda-tanda kecurangan, jadi sangsi tegas akan dijatuhkan.

“Saat supply cukup, harga juga akan stabil. Orang-orang juga baiknya belanja dengan bijak. Janganlah terlalu cemas, sebab, kenaikan harga biasanya dipicu panic buying, ” kata dia. Jadi itu, orang-orang sebaiknya beli bahan makanan sekedarnya. Sebab, stock kepentingan pokok dalam keadaan aman. Sesudah Lebaran saja, stock bahan pokok bertahan 5–7 bln.. Yaitu, beras cukup untuk 5 bln., gula pasir 6 bln., minyak goreng 7 bln., telur ayam 6 bln., serta daging sapi 5 bln.. “Coba saksikan saat ini, check ke pasar, harga turun semuanya, ” kata dia.

Laju inflasi juga dinilai Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw–BI) Kalimantan timur relatif teratasi. Dari analisa BI, inflasi pada Juni 2017 memanglah bertambah dibanding inflasi Mei 2017 yang sebesar 0, 36 %. Capaian ini tetap masih sama, yaitu lebih tinggi daripada inflasi nasional yang terdaftar 0, 69 %.

Kepala KPw–BI Kalimantan timur Muhammad Nur, menyebutkan komoditas paling utama penyumbang inflasi Juni di Kalimantan timur yaitu kenaikan cost transportasi, bahan makanan, serta penghilangan subsidi listrik step ke-3 atau yang paling akhir untuk pelanggan kelompok 900 VA.

Diluar itu, ada banyak komoditas pangan yang memberi desakan inflasi pada Juni 2017. Yakni, ikan layang, tomat sayur, serta kacang panjang. Disamping itu, komoditas pangan seperti bawang putih serta cabai rawit alami deflasi.

Bila dihitung dengan tahunan, inflasi Kalimantan timur alami kenaikan dari 4, 66 % (year on year/yoy) pada Mei 2017 jadi 4, 54 % (yoy) pada Juni 2017. Angka inflasi tahunan ini masih tetap sama juga dengan data yang teratur berlangsung di Kalimantan timur, yaitu sering lebih tinggi dibanding inflasi tahunan nasional yang menjangkau 4, 37 %.

Ini bermakna inflasi Kalimantan timur dengan perhitungan th. kalender (Januari–Juni 2017) terdaftar 2, 64 % (year to date/ytd).

Diliat berdasar pada kota pembentuknya, inflasi yang berlangsung di Kalimantan timur di pengaruhi oleh Samarinda sebesar 0, 68 % (month to month/mtm) atau 4, 30 % (yoy), lalu Balikpapan sebesar 1, 38 % (mtm) atau 4, 86 % (yoy).

Inflasi di Kalimantan timur pada Juni 2017 begitu di pengaruhi oleh grup administered prices (harga yang diputuskan pemerintah), terlebih dari angkutan udara serta tarif listrik. Disamping itu, pada grup core (inti) serta grup volatile foods (harga pangan naik-turun), inflasi dikarenakan semasing oleh kenaikan harga pasir serta ikan layang.

” KPw-BI Kalimantan timur dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) selalu lakukan pemantauan pada perubahan gerakan inflasi dengan spesial, termasuk juga perekonomian pada umumnya baik domestik ataupun eksternal, ” papar M Nur.

Sebagian konsentrasi paling utama yaitu meyakinkan ketersediaan supply serta kelancaran distribusi pangan pokok, lalu kelancaran distribusi daya seperti BBM serta LPG. Diluar itu, penambahan kwalitas infrastruktur serta fasilitas logistik harus juga jadi perhatian, termasuk juga melindungi dampaktivitas komunikasi pada orang-orang tentang info harga pangan.

Di ketahui, Tubuh Pusat Statistik (BPS) Kalimantan timur mencatat inflasi Juni 2017 sebesar 0, 98 %. Walau lebih tinggi di banding inflasi nasional sebesar 0, 69 %, angkanya tidak sebesar inflasi Juni 2016 yang menjangkau 1, 10 %.

Kepala BPS Kalimantan timur M Habibullah menyebutkan, hadirnya Unit Pekerjaan (Satgas) Pangan yang di pimpin deretan kepolisian serta TPID cukup baik mengatur laju kenaikan harga. Namun, hal itu tidak lalu membuat pemerintah daerah serta pihak berkaitan berpuas diri.

Disamping itu, kemampuan Satgas Pangan Polri mengatur harga dinilai berhasil. Kapolri Jenderal Tito Karnavian meyakinkan dengan pengungkapan 206 masalah pangan harga pangan alami stabilitas. Satgas Pangan akan tidak berhenti, masih tetap ada tanda-tanda ada spekulan yang bekerja dalam senyap.

Sepanjang sebagian bln. ini, Satgas Pangan sudah membuka beberapa masalah prestisius. Satu diantaranya, penyelundupan 182 ton bawang putih yang berlangsung sekian hari sebelumnya bln. puasa. Bawang putih itu direncanakan untuk digelontorkan sesudah usaha nakal memainkan harga bawang putih.

Bukan sekedar itu, kenaikan harga cabai rawit merah yang betul-betul mencolok sampai tembus Rp 200 ribu juga disibak. Dalam masalah itu di ketahui kalau cuma ada sembilan spekulan yang kuasai supply cabai rawit merah se-Jawa serta Bali.

Bekas Kapolda Metro Jaya itu menerangkan, mengenai kestabilan pangan atau sembako ini kurang demikian terdengar akhir-akhir ini. Tetapi, hal itu malah tunjukkan kalau berlangsung stabilitas harga pangan. “Baru ramai bila naik harga. Ini ibu-ibu yang merasakannya sendiri, ” katanya, dikabarkan tempo hari.

Stabilitas pangan ini karna dua kunci paling utama, yaitu mengamankan stock pangan serta pengawasan distribusi. Waktu Satgas Pangan ketahui ada kekurangan stock pangan, jadi dikoordinasikan dengan kementerian berkaitan. “Kementerian lalu mempersiapkan stock itu, ” tuturnya.

Pekerjaan Satgas Pangan lalu mengawasi distribusi dari stock pangan yang sudah disediakan kementerian. (*/roe/far/k8) Baca Juga : Sembako Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *