Usai Serangan Phishing, Google Tingkatkan Keamanan Pengguna Gmail

Sekian waktu lalu, Google berikan peringatan pada pemakai untuk siaga pada e-mail yang kirim tautan ke Google Docs. Saat mengklik Google Docs yang disebut, akun pemakai malah jadi tujuan phishing. Dikarenakan serangan phishing, beberapa pemakai mengeluh akun mereka sudah jadi korban peretasan.

Saat ini, Google memberi beberapa panduan supaya peristiwa sama tak menyerang pemakai. Seperti diambil Android Headlines, Senin (8/5/2017), dalam satu unggahan situs (blog), Google ambil langkah spesifik untuk melakukan perbaikan keamanan platformnya, terlebih Gmail.

Untuk hindari phishing serta serangan jahat yang lain, Google memakai perlengkapan spesifik untuk meyakinkan keamanan pemakai. Umpamanya saja pemakaian machine learning untuk mendeteksi spam serta e-mail phishing, dan memindai attachment e-mail untuk meyakinkan tidak ada malware beresiko di dalamnya.

Tidak cuma itu, Google juga lakukan gagasan Safe Searching manfaat menghindar pemakai terhubung tautan beresiko serta penyalahgunaan akun Google dengan cara tak sah. Tetapi, hal semacam ini tidak bermakna Gmail betul-betul aman dari serangan phishing serta malware, karna algoritme machine learning yang dipakai tak menanggung 100 % kesuksesan pemindaian software.

Terbatasnya ini dapat bikin Google ambil langkah cepat waktu serangan phishing berlangsung. Pada masalah awal minggu lantas, Google mengakui sudah merampungkan usaha phishing memakai Safe Searching, Gmail, Google Cloud Basis, sampai menghapus laman palsu.

Raksasa internet AS itu juga memohon pemakai serta administrator untuk ambil langkah penambahan untuk mengamankan akun mereka. Umpamanya saja, administrator disuruh untuk meninjau akses pihak ketiga ke akun e-mail dan mengecek keamanan pada akun yang peluang jadi korban serangan.

Sesaat untuk pemakai yang menggunakan akun personal, Google merekomendasikan untuk lakukan penelusuran keamanan waktu login di piranti yang tidak di kenal. Umumnya ketika yang sama, pemakai bakal memperoleh pemberitahuan dari Google, benarkah mereka terhubung akun itu atau tak.

Pemakai disuruh ikuti anjuran Google supaya keamanan datanya tetaplah terjamin waktu ada didunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *